Es Cendol Duren

dihari minggu yang cerah, saya sempatkan diri untuk ke pasar (nyari atm seh sebenernya). lantas saya teringat dengan salah satu minuman rekomendasi teman kantor “es cendol duren”. jika es cendol yang biasa saya nikmati dicampur dengan nangka sebagai penambah aroma, maka sesuai namanya, es condol ini dicampur dengan duren sebagai penambah aroma.

es cendol duren

bukan cuma sebagai penambah aroma, duren yang dicampurkan ke gula aren-nya ini juga dapat kita nikmati karna disertakan dalam es cendol yang kita beli. jangan tanya soal rasa, Anda harus mencobanya sendiri agar tidak kecewa bin ngiler! hehehe. soal harga, cukup murah ternyata, hanya 4000 perak qta dah bisa menikmati segelas es cendol duren plus duren sebiji. murah meriah kan!
Anda tertarik, mungkin jika anda lewat cikeas, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri belok sebentar ke pasar wanaherang yang tidak jauh dari sana.

Advertisements

Mobile Agent dan Stationary Agent

ketika pertama mendengar agent, mungkin yang terfikirkan adalah sekumpulan orang berjas rapi dengan senjata api ditangan seperti man in black. agent secara umum didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat kita perintahkan dengan tugas tugas. misalnya saja orang audit yang dikirim oleh kantor pusat ke daerah. “auditor” ato agent tersebut bisa memiliki tugas yang sama tiap agentnya atau berbeda. tiap agent bisa memiliki tugas lebih dari satu. dan ketika ia melakukan tugasnya, ia tidak lagi bertanya terus ke pusat tentang apa yang harus ia lakukan ketika berada di daerah. *mudahnya seperti itu.

mobile agent

agent sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu mobile agent dan stationary agent atau lebih sering disebut static agent. secara umum kedua jenis agent ini memiliki karakteristik yang sama yaitu mandiri atau autonomous, alias tidak bergantung pada main agent yang memerintahkannya atau membuatnya.

mobile agent adalah agent yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. mobile agent memiliki karakteristik sbb:
1. dapat berpindah tempat alias bermigrasi
– weak migration
weak migration artinya ketika berpindah, ia tidak membawa serta state-nya. state yang dimaksud disini bukanlah status, istilah “state” ini biasanya berarti nilai atribut dari agent yang membantu menentukan apa yang harus dilakukan ketika melanjutkan eksekusi di host tujuan. Kode dalam konteks object oriented berarti kode kelas yang diperlukan bagi agent untuk dieksekusi. sehingga ketika agent telah berada di destination atau alamat tujuan, ia harus menyakan kembali ke sumber apa lagi yang harus ia lakukan. kebanyakan framework pembuat agent yang berbasis java, masih tergolong weak migration.
ex: Jade
– strong migration
sedangkan strong migration, ketika agent berpindah, ia membawa serta state-nya sehingga tidak perlu menanyakan terus ke sumber.
ex: D’Agent berbasis C namun lebih sulit diimplementasikan. (karna kebetulan saya gak suka ma bahasa C hehehe)
2. autonomous atau mandiri
3. ketika berpindah, ia membawa serta state, data, serta code-nya.

stationary agent, tentu saja dari namanya saja sudah bisa kita tebak bahwa stationary agent tidak dapat berpindah tempat alias static. tetap berada ditempat ia pertama kali dieksekusi.

sekian tentang mobile agent dan static agent. banyak system yang dapat kita buat dengan memanfaatkan agent ini. untuk membuatnya relatif mudah, banyak framework yang dapat kita gunakan, salah satunya adalah JADE (Java Agent Development Framework) berbasis java.

Sajadah mengkotak-kotakkan kita!

alhamdulillah saya masih diperkenankan untuk berjumpa dengan ramadhan kali ini. meski ramadhan kali ini terasa sangat berbeda dari biasanya karena harus berpisah dengan teman-teman tercinta yang di bandung dan ortu di solo. tak apalah, mungkin ini salah satu latihan untuk mandiri.
pengalaman cukup berbeda saya rasakan ketika beberapa kali sholat taraweh disini dibogor. imam selalu menekankan, “lurus dan rapatkan barisan”, spontan jama’ah pun merapat dan meluruskan barisannya. tapi hal ini tidak terjadi disini bagian ibu-ibunya doank seh. kita tahu bahwa ibu-ibulah yang paling sering ke masjid membawa sajadah. ternyata sajadah ini bukan hanya menjadi sarana alas sholat, tetapi juga pemisah shaf. mereka yang membawa sajadah berukuran besar, yang seharusnya bisa digunakan untuk 2 orang, tidak mau meninggalkan sajadahnya, entah karena begitu berharganya sajadah itu atau apa saya kurang paham.

alhasil fenomena ibu-ibu ber-sajadah besar ini membuat tidak rapatnya shaf meskipun sudah diimbau oleh imam. banyak sekali sela-sela yang masih bisa diisi oleh satu orang. untung bulan puasa setan pada pulang kampung, jadi gak ngisi tu sela-sela hehehe. mungkin butuh kesadaran diri untuk merapatkan barisan. sebab islam yang kuat adalah islam yang bersatu padu. dimulai dari diri sendiri, jangan sampai kita kekeuh dengan sajadah kita tanpa memperhatikan sela di kanan-kiri kita.

MGI oh MGI (Part 2)

hupf, saya sudah ingin menangis saat itu, ketinggalan bus, basah kuyub, kepala senut-senut. tapi tampaknya nasib baik masih berpihak kepada saya. salah seorang agen MGI menyuruh awak bus MGI tujuan bandung-depok untuk menelepon bus bandung-cileungsi yang membuat saya rela berbasah-basah untuk menunggu di pasir koja (tepat sebelum masuk tol).

saya sangat bersyukur, sekaligus cemas jika ternyata bus tersebut tidak mau menunggu saya dan memilih untuk melanjutkan perjalannya segera mungkin. sementara saya ikut bus bandung-depok, sekitar 15 menit kemudian saya sampai di pasir koja dan Alhamdulillah, bis tersebut masih menunggu saya. terimakasih MGI.

walaupun jujur saya cukup menggigil kedinginan di dalam bis, bahkan sampai mati rasa kaki saya saking dinginnya, tapi saya terus berucap Alhamdulillah. sesampainya dikosan (di bogor), saya membasuh kaki, dan sungguh, air yang biasanya dingin terasa sangat hangat (entah karena kaki saya yang lebih dingin dari suhu air atau Allah telah menjadikan air tersebut sangat hangat). setelah mengambil wudhu, saya lanjutkan dengan sholat isya dan langsung tak sadarkan diri hingga keesokan subuhnya.

baca juga part 1

MGI oh MGI (Part 1)

ceritanya weekend kemaren saya balik ke bandung buat tes EPrt di kampus IT Telkom Tercinta. tepatnya test pas hari senin tanggal 28 juni. tes dimulai dari jam 9.00 ampe jam 11.00. pada sorenya saya berencana kembali ke bogor (tepatnya wanaherang deket cikeas seh), oleh sebab itu saya berencana balik naek bis MGI jurusan bandung-cileungsi yang gak ada siaran ulangnya. alias, kalo dah pergi ya sudah. tidak akan ada lagi (karena saya mengambil keberangkatan terakhir yaitu jam 5 sore). Untuk keterangan lebih lanjut, bisa ditanyakan langsung ke agen MGI : 081218665518

jadwal MGI cileungsi-bandung

saya sudah meminta tolong kepada salah satu sobat saya untuk mengantarkan ke terminal leuwipanjang sekitar jam 4 sore. tetapi sepertinya cuaca tidak mendukung. sejak jam 3 bandung diguyur hujan yang ogah-ogahan karena terkadang deras, terkadang terang. saya cukup ketar-ketir, mengingat badan juga sedang tidak fit. saya tidak mau mengambil resiko berhujan-hujanan ria. alhasil ketika jam 4 teng (kayak cinderela aja seh), sepertinya hujan sudah agak mereda. segera saya menghubungi sobat yang mau mengantarkan saya tadi.

ketika sudah mau bersiap, sobat yang saya tumpangi kamarnya serta saya pinjam motornya menayakan sesuatu yang amat penting yang terlupa, “emang kamu dah sholat het?” (nguk-nguk)
bagai petir disiang bolong, saya ingat bahwa saya belum sholat ashar sodara-sodara. segeralah saya ke kamar mandi, ambil wudhu, dan sholat.

ketika selesai sholat, saya lihat jam sudah menunjukkan pukul 16.15. langsung saja saya kebut jemput temen ke depan MSU (Masjid Syamsul Ulum) di kampus tercinta. kemudian cabut ke kosan temen tadi, karna dia harus taro leptop dulu, setelah itu langsung deh ngacir ke leuwipanjang.

perjalanan cukup mulus, hingga kira-kira depan salah satu rumah makan aceh cie rasa lom terusan buah batu, hujan lebat menantang keberanian kami. teman saya langsung membuka mantol yang berada di dalam jok (cuma ada satu). dan cukup kecil untuk berdua. sementara hujan lebat terus mengguyur, kami melanjutkan perjalanan. tapi saya tidak cukup tega membiarkan teman dan lepi saya berhujan-hujan ria.

tepat di perempatan sukarno hatta, saya minta teman saya untuk menurunkan saya di depan pos travel baraya, dan melanjutkan perjalanan dengan angkot cicaheum-cibaduyut (sejujurnya, saya tidak yakin baik angkot maupun teman saya bisa mengantarkan saya ke leuwipanjang sebelum bus MGI berangkat, oleh sebab itu saya memilih naek angkot supaya saya tidak begitu kecewa). selama perjalanan, saya tidak berani sedikitpun untuk melihat jam.

hujan masih enggan berhenti, bahkan semakin deras ketika saya mau turun dari angkot. pikiran saya sudah sangat kalut, sehingga saya tidak memedulikan hujan yang amat deras, kepala yang senut-senut, dingin yang menggigit, bahkan saya sudah tidak memikirkan leptop saya, saya berlari sekuat tenaga masuk kedalam terminal (masih berharap bus MGI bandung-cileungsi masih bertengger ditempatnya). saya lemas seketika ketika tahu bus tersebut sudah tidak berada ditempatnya. tapi saya belum menyerah, saya mengedarkan pandangan ke seluruh bagian terminal, dan saya mendapati bus saya berada di bagian depan (siap berangkat). walaupun kurang begitu jelas tulisannya karena udara sekitar putih dengan derasnya air hujan, tapi saya yakin “itu bus saya!!!”.

seperti medapatkan kekuatan kembali, saya berlari ditengah hujan , mengejar bus tersebut. sungguh kecewanya saya karena setelah basah kuyub mengejar bus tersebut, kira-kira berjarak 5 meter, bus tersebut berangkat. saya sudah tidak kuat untuk sekedar berteriak. ingin rasanya saya terus berlari mengejar bus tersebut, tapi apa daya, saya sudah menggigil kedinginan.

bersambung ke part 2…

GIGI SUSU !!!!

tadi pagi, pas lagi asyik ngenet, temen kantor bilang ke gue kayak gini,
m: “eh het, disitu bisa buka blogspot gak???”
g: “kayaknya bisa deh mbak, kenape emangnye???”
m: “coba buka mymilktoof.blogspot.com deh”
g: “emang tentang apaan???”
m: “ada cerita tentang gigi susu gitu, lucu deh…buka aja”

setelah dibuka, ternyata penampakannya seperti berikut : hehehe

nah, dijamin bagus buangets dah…coba aja buka http://mymilktoof.blogspot.com/ gak nyesel deh ^__^

*cuma bagi yang koneksinya agak lemot, sabar aja yak…soalnya full gambar!!

How to Running JADE agent via CMD (Command Prompt)

kemaren, seharian saya mencari cara untuk running “HelloAgent” JADE. dengan berbekal buku ‘Wiley Developing Multi Agent Systems with JADE’ dan beberapa artikel di internet akhirnya saya tetap saja tidak dapat menjalankan simple program bawaan JADE ini. Saya pikir, mungkin ada satu hal yang missed atau terlewatkan, sehingga file HelloAgent.java yang sudah berhasil saya compile, didn’t running well.

akhirnya setelah mencoba beberapa kali, akhirnya saya berhasil juga…hehehe (seneng deh rasanya). kalo dijabarkan, kurang lebih beigini caranya :
1. buat folder baru di C:\ sebut saja namanya JADE
2. isi dengan file-file hasil unzip JADE latest version
3. buka run>cmd
4. nah, kita setting dulu classpath-nya (dua kali setting)
set JADE_HOME=c:\jade
set CLASSPATH=%JADE_HOME%\lib\jade.jar; %JADE_HOME%\lib\jadeTools.jar; %JADE_HOME%\lib\http.jar; %JADE_HOME%\lib\iiop.jar; %JADE_HOME%\lib\commons-codec\commons-codec-1.3.jar;%JADE_HOME%\classes

5. change directory ke C:\JADE yang qta bwat di point pertama tadi
6. untuk test apakah jade kita sudah running well, coba ketikkan
java jade.Boot -gui
jika JADE RMA gui sudah muncul, selamat !!! berarti anda telah benar dalam setting jade. Jika belum, silahkan coba lagi…hehehe (just kidding)

7. compile (kayak pas compile java biasa)
javac [nama file].java
ingat, jika ada import package yang bukan bawaan java ato JADE, alias codingan yang laen, dibuang aja, trus file-file yang berhubungan sebaiknya dibuat satu folder aja.
8. Nah, Bagian terpenting yang ane selalu kelewatan, alhasil, kagak pernah berhasil dah running agent-nya.
copy .class yang terbentuk dari file yang barusan kita compile, letakkan pada folder JADE/classes
9. baru deh qta jalanin
java jade.Boot oche:HelloAgent

TAPI, kalo gak mau susah-susah…mending pake NETBEANS ato ECLIPS ato NEW MOON (malah kayak TWILIGHT series) deh. hehehe, sementara ini dulu tentang JADE, kalo ada waktu di-update lagi dah…^__^