ASET dan LIABILITIES

bekerja di bidang perbankan membuat saya mau tak mau belajar tentang ekonomi. meski saya seorang IT, mengerti istilah maupun kondisi perbankan tetep mutlak harus saya ketahui. pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang apa itu aset dan liabilities, apa pula perbedaannya.

menurut sepemahaman saya, ASET adalah sesuatu yang menghasilkan income/pemasukan (cash in) bagi kita. sedangkan LIABILITIES adalah segala sesuatu yang justru membuat kita mengeluarkan cost/biaya (cash out). pada dasarnya semua bisa menjadi ASET atau LIABILITIES tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. misal kita punya sebuah mobil, tentulah akan menjadi LIABILITIES jika kita gunakan untuk keperluan pribadi dan harus service berkala (artinya kita harus mengeluarkan uang untuk perawatan). namun bagi orang-orang kreatif, mobil bisa juga menjadi ASET, koq? pernah dengar “omprengan”. bisa dibilang bisnis ini “sambil menyelam minum air”. jika anda memiliki mobil dan bertempat tinggal diluar kota, anda bisa memanfaatkan mobil pribadi anda sebagai “tumpangan” bagi pekerja-pekerja lain yang tentunya bisa menghasilkan pemasukan bagi anda.

saya pernah mendengar sebuah ungkapan, “jika kau ingin menjadi kaya, maka berfikirlah seperti orang kaya”. orang kaya akan memutar otak untuk mengubah liabilities menjadi aset bagi mereka.

— think smart —

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s